Skip to content

Bimbingan Konseling

Layanan Bimbingan dan Konseling

Bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya individu tersebut dapat memahami dirinya sendiri, sehingga dia sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar, sesuai dengan tuntutan dan keadaaan lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat dan kehidupan pada umumnya. Bimbingan membantu individu mencapai perkembangan diri secara optimal sebagai makhluk sosial.

Konseling merupakan suatu upaya bantuan yang dilakukan dengan empat mata atau tatap muka antara konselor, dan konseli yang berisi usaha yang selaras, unik, human (manusiawi), yang dilakukan dalam suasana keahlian dan yang didasarkan atas norma-norma yang berlaku, agar konseli memperoleh konsep diri dan kepercayaan diri sendiri dalam memperbaiki tingkah lakunya saat ini dan mungkin pada masa yang akan datang.

Tujuan Pelaksanaan
Tujuan layanan bimbingan dan konseling adalah berupaya membantu siswa menemukan pribadinya, dalam hal mengenal kekuatan dan kelemahan dirinya, serta menerima dirinya secara positif dan dinamis sebagai modal pengembangan diri lebih lanjut.

Layanan Bimbingan Konseling SMP Islam Al Fath Pare meliputi 4 BidangĀ  :

  1. Bidang bimbingan Pribadi
  2. Bidang bimbingan Sosial
  3. Bidang bimbingan Belajar
  4. Bidang bimbingan Karier

Memperkuat Pelaksanaan Pendidikan Karakter yang meliputi 18 nilai-nilai yang berasal dari Agama, Pancasila (Ideologi Nasional), Budaya, dan Tujuan Pendidikan Nasional, yaitu :

  1. Agama : Sikap dan perilaku taat dalam melaksanakan ajaran agama, praktek. Toleran terhadap orang lain, dan hidup harmonis dengan agama-agama lain.
  2. Jujur : Perilaku yang berdasarkan pada upaya untuk sesuai dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam kata, tindakan, dan pekerjaan.
  3. Toleransi terhadap Keanekaragaman : Sikap dan tindakan yang menghormati perbedaan agama, ras, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari diri mereka sendiri
  4. Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan mematuhi berbagai aturan dan peraturan
  5. Kerja keras : Tindakan yang menunjukkan tertib perilaku dan mematuhi berbagai aturan dan peraturan.
  6. Kreatif : Melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara baru atau hasil dari sesuatu yang telah diselenggarakan
  7. Independen : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain untuk menyelesaikan tugas
  8. Demokrat : Cara individu dalam berperilaku, dan bertindak hak yang sama dan kewajiban menilai dirinya dan orang lain
  9. Curiosity : Sikap dan tindakan sebagai mencoba untuk menentukan kedalaman dan penyebaran sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.
  10. Semangat Kebangsaan : tindakan dan suara yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas diri sendiri dan kepentingan dan kelompok
  11. Cinta Tanah Air : tindakan dan suara yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas diri sendiri dan menghargai kelompok
  12. Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.
  13. Ramah / Komunikatif : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk peduli dan lebih aktif terhadap orang lain.
  14. Cinta Perdamaian : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk cinta akan kedamaian yang ada di lingkungannya.
  15. Gemar Membaca : Kebiasaan untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
  16. Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang dilakukan untuk mencegah kerusakan alam lingkungan sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk mencoba dan untuk memperbaiki kerusakan lingkungan yang telah terjadi
  17. Kepedulian Sosial : Sikap dan tindakan selalu ingin membantu orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
  18. Tanggung Jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang harus dilakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), Negara dan Allah SWT.